Rabu, 11 Agustus 2010

Jaket Warna Rumput dan ITB

Ini sudah yang keratusan kalinya aku bersin malam ini karena perjalanan Semarang-Jogja-Semarang hari ini yang dijalani selama kurang dari dua belas jam.

Jam setengah enam pagi dari rumah, jam empat sore udah sampe rumah lagi.

Cuma demi ngambil jas almamater yang berwarna coklat muda pupus mirip rumput kering keemasan (hah?) Yah, bukan 'cuma' sih, itu kegiatan yang worth it, dan aku seneng ngelaju demi jas almamater ituh :D

Sorry no photo yet, lagi di penjahit dikecilin (ukuran S masi kegedean hoh) diambil hari Jumat besok. 

Prosesnya sampe ke sana aku ngga penting, yang penting sebenernya malem sebelum ngambil jas itu aku nangis sambil SMS-an sama haunina (duh emang asyik ya nangis di SMS) gara2:
satu, haunina tanya, "Hah besok kamu mo ngelaju ke Jogja sendirian Ray??"
Aku kalo berangkat ke Jogja selalu sendirian, tapi kalo ditanyain gitu kan 'BUGH!' di hati gitu rasanya :'((

dan dua, untuk pertama kalinya, aku mendeklarasikan dengan resmi (ke haunina, sambil nangis2) aku nyesel ngelepas ITB.

Kenapa aku belum bisa ikhlas? Apa alasannya? Sebelumnya aku memang nggak rela tapi bukan berarti aku nyesel, lah sekarang kenapa nyesel?

Kenapa U*M terlihat begitu berat, begitu panas cuacanya tapi begitu dingin interaksinya, kakak2nya kelihatan galak, peraturannya begitu kaku, bahasanya begitu resmi, dan yang paling penting, kenapa U*M bikin aku tertekan?

Seseorang yang kamu tidak sukai akan sulit untuk memaksamu bahkan untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai sekalipun. Kira2 kayak gitu.


Bukannya ITB nggak resmi, tapi ITB beda, dan ITB lebih bisa dipahami dan kuterima karena ITB emang beda, punya klasifikasinya sendiri. Dan secara subyektif aku suka sama ITB.

Impian untuk kuliah di ITB rupanya bukan sesuatu yang bisa ditawar dengan mudah.

Dan aku akhirnya ngga bisa bales SMS terakhirnya Haunina yang tanya, "Kenapa kamu nggak ambil ITB akhirnya? Aku pikir kamu bakal milih ITB.."

Itu seperti pertanyaan, "Kenapa kamu nggak pertahanin idealisme kamu?"

Aku, sekali lagi bersyukur udah dapat berkah, bahwa banyak temen2 yang belum seberuntung ini, tapi tolong diketahui bahwa ini adalah tekanan.

Semoga U*M bisa membuatku betah, lulus cepet (amin) dan sukses setelahnya, tapi mendengar kata ITB masih membuat bangga sama nama besar itu, sekaligus sedih, namanya masih ada di salah satu sudut angan2ku.

Dan beberapa saat ke depan aku masih akan menangis.

Cheers.

8 komentar:

  1. itb ki ndak seng cedak smansa kae ??
    institut tmbal ban :D

    *sdh bs mlupakan itb

    BalasHapus
  2. hidup itu penuh dengan pilihan, semuanya memang sebaiknya dipikirkan secara matang. tetapi tentunya ada kalanya ketika kita berpikir bahwa pilihan yang kita ambil salah dan kita menyesalinya, entah karena salah pertimbangan atau kecerobohan sendiri atau faktor lain. nah, kala itu adalah saatnya kita memperoleh pengalaman baru dan belajar bahwa membuat pilihan memang beresiko. betapa beruntungnya . . .

    menurutku, kesalahan ray ada di pemilihan langkah ketika ingin masuk bti. di situ ada hukum yang melarang calon/maba yang sudah keterima untuk mendaftar ke bti lagi. jadi salah memilih langkah beresiko ga bisa masuk sama sekali. bti terlalu mahal di msu-nya, knapa ga milih ntpmns? kenapa milih drsf? dan gkf?

    masalah penyesalan, sudahlah ga ada gunanya menyesal. coba renungkan, bisakah kita tahu keadaan kita sekarang jika pilihan yang kita ambil waktu itu adalah bti dan bukan mgu? bisakah kita tahu bahwa kita pasti lebih baik dengan pilihan bti? pasti tidak. sebaikbaik kita adalah kondisi kita sekarang, dengan pilihan mgu, bukan bti.

    lalu skarang, apakah ray ga suka gkf? inget, ada orang tua yang dengan bangganya membantu kita kuliah, masak sih kita tega buat mengecewakan mereka? kalo emang ga suka, opsi solusinya ada dua: ubah menjadi suka atau keluar. karena kalo ga suka, jalan akan smakin berat dan akan otomatis ringan jika berubah jadi suka.

    masingmasing ada konsekuensi yang pasti berat. pilihan lagi kan? selamat belajar :)

    cat: komentator skarang sudah berada pada tahap tidak mengenal yang namanya penyesalan. penyesalan sudah di masa lalu. tidak akan ada lagi penyesalan . . .

    BalasHapus
  3. @ mas hanief :
    raina ga tau mas kalo uda keterima itb ga bs diterima di itb lagi. kakak kelas raina ada yg ngelepas FTTM trus dpt STEI.

    tau bakal keterima aja enggak, raina milih ikut USM biar bisa nyiapin byk langkah kalo blm keterima. dan biar bisa daftar FSRD. dan lg di pusat tmen raina byk yg gak keterima..

    kalo raina milih FSRD, udah pasti raina kuliah dg senang, penyesalan ga ngambil FKG bs dilupain karna tau kuliah kedokteran itu berat. raina psti seneng krn menjalani yg raina senangi, tapi raina ga jamin after collegenya.. raina mgkn nyesel krn ngelepas kesempatan jd dokter gigi.

    sekarang raina lg tahap mencoba menyukai kuliah raina mas.. tp raina sengit bgt kalo ada yg jelek2in ITB.. di mata raina masih bagusan ITB daripada apapun..

    kalo bisa semoga raina fix di sni, gak stres, dan lancar sampe dpt gelar profesi.. amin.

    BalasHapus
  4. amiin. yang dulu milih gkf ray sendiri kan? brarti ray emang siap dengan pilihan itu. yang bisa ray lakukan skarang ya lupakan kegagalan masuk bti dan terus pupuk semangat dan kecintaan di gkf. kalo perlu, ngobrol juga sama orangorang rumah.

    tetep semangat!

    BalasHapus
  5. ya mbak, padahal saya pengen-pengen-pengen dan pengen banget kuliah di ugm :((((((((((

    BalasHapus
  6. hah iya kah? terus kamu udah daftar snmptn belum? gimana jadinya kuliah di mana sekarang? :)

    UGM gak seistimewa itu kok.. kalo jogja panas UGM juga sama2 panas, gak bersalju. regulasi UGM juga enggak mewah2 banget atau enggak dewa2 banget. memang orang2nya ramah sih dan ada sistem asuransi kesahatan (tsaaah), tapi selain itu, dimanapun kamu sekarang, pasti bedanya gak jauh sama UGM :)

    semangat ya! :D

    BalasHapus
  7. halo kak. boleh bagi2 pengalaman kan kak? :)
    mau tanya ni kak, setau kakak anak yang masuk fkg ugm lewat jalur undangan rata2 nilai raportnya berapa ya? nilai biologi apa mempengaruhi?

    BalasHapus
  8. aku bukan jalur undangan. aku masuk lewat Ujian Tulis, tahun 2010, sedangkan jalur undangan baru ada 2011.

    gak tahu sih soal nilai rapot. tapi setauku dari kelas 1 sampe kelas 3 harus bagus dan stabil. kalo biologi sih--harus doyan biologi banget. di FKG GMU isinya full biologi, kemasyarakatan, sama beberapa teknik (yg berhubungan sama KG pastinya)

    dan oh ya, mending ga usah masuk FKG GMU deh, banyakan gelonya daripada senengnya. meski challenging sih, tapi dijamin bakalan banyak makan ati.

    meskipun FKG GMU saya yakin adalah FKG negeri yang bagus dan termurah di Indonesia, tapi dia juga paling bikin makan ati seindonesia.

    you might as well pick another dentistry school or pick another faculty around UGM. or whatever. good luck :)

    BalasHapus